Kamis, 26 November 2009

Spul RX KING

RX KING merupakan motor legendaris dari YAMAHA yang banyak disukai orang dari berbagai kalangan. Banyak cara yang ditempuh guna meningkatkan performa RX KING. Diantaranya dengan meningkatkan kemampuan pengapian standar dengan cara menggulung ulang spul CDI atau disebut juga spul pengapianya.

Berikut ini langkah dan caranya:


1. Karen spul standar RX KING yang hanya 4 lapisan diganti dengan karen spul 6 lapis. Karen 6 lapis ini didapat dengan cara membeli spul aftermarket merk CREVON. Atau bisa juga dengan cara menambah 2 lapis pada karen spul standarnya.

2. Siapkan Kawat Email diameter 0.15 mm dengan panjang 119 meter.

3. Lilitkan kawat email pada karen spul dan jangan lupa buatkan terminal (-) groundnya. Untuk lapisan lilitan yang pertama buatlah sehalus dan serata mungkin. Jangan terjadi tumpang tindih pada lapisan pertama.

4. Untuk lapisan berikutnya lilitkan kawat email sampai habis. Kemudian beri serlak lalu bungkus dengan pita kemudian beri serlak lagi. Jangan lupa buatkan terminal (+) positif nya yang nantinya akan dihubungkan dengan CDI (kabel dengan kode warna HITAM strip MERAH)

5. Ukur tahanan spul dengan menggunakan AVO meter Digital. Hambatannya harus menunjukan pada angka +/- 139 ohm.

NB: Hambatan spul standart RX KING orisinal adalah 204 ohm.
Tapi uraian diatas sudah saya praktekan dan hasilnya memuaskan untuk mendongkrak tenaga standart RX KING.

SELAMAT MENCOBA

Selasa, 17 November 2009

Tips Spul Kawasaki NINJA R 150

Spul CDI/spul pengapian mempunyai pengaruh yang besar terhadap kecepatan. Ketika komponen ini bermasalah motor akan mbrebet/berkurang kecepatannya bahkan bisa mati pula. Untuk mengganti spare part ini dengan menggunakan Spul original Kawasaki NINJA R150 harganya cukup mahal. Harga spul assy Ninja R150 berkisar Rp 800.000. Jika kita mau menggulung/melilit sendiri Spul CDI Kawasaki NINJA R150 ini, maka biaya yang diperlukan tidak sampe Rp 50.000.

Berikut ini Tips cara menyepul Spul CDI/spol pengapian Kawak NINJA 150.

Bahan dan alat:
1.Solder dan tenol/timah.
2.Kawat Email diameter 0.18 mm
3.Serlak dan plakban kertas/pita.


Sebelumnya saya uraikan sedikit tentang spesifikasi spul NINJA R 150. Hambatan spul orisinal NINJA yang pernah saya ukur adalah 93 ohm, dengan panjang kawat email 103,62 meter.

Langkah:

1. Lepas semua kawat email lama. Hati-hati ketikai mengurai kawat email dan ketika menyimpan karen spulnya karena imitasinya tidak ada yang menjual.

2. Solder ujung kawat emailnya dengan grund/massa spul, dan mulailah membuat lilitan satu lapisan dengan rata dan rapat. Untuk lapisan lilitan pertama tidak boleh tumpang tindih. Karena ini akan mempengaruhi umur spul yang akan kita lilit.

3. Untuk selanjutnya lilitkan semua kawat email sepanjang 103,62 meter tadi sampai habis. Kemudian ukur hambatan spulnya. Hasilnya kurang lebih sekitar 79-80 ohm.

Yang pernah saya praktekan yaitu saya menggunakan Kawat email 0.18 dengan panjang 106 meter dan hasil hambatan spulnya 79 ohm. Saat ini baru dites untuk jalan SOLO-MADURA PP.

Tips mudah menentukan panjang kawat email. KLIK DISINI!

Tunggu kabar berita selanjutnya.... NIH HASIL TEST SOLO MADURA PP.
Bagus dan Ga' ada Masalah...


Sabtu, 14 November 2009

Kelompok Mesin

1 .Cylinder head

2 .Chamshaft / Valve

3 .Cam chain / Tensioner

4 .Cylinder

5 .Right crankase cover

6 .Clutch

7 .Oil pump

8 .Left crankcase cover

9 .Generator
Spul Pengapian

[NINJA R 150] [RX KING]


10.Crankcase

11.Crankshaft / Piston

12.Transmission

13.Gearshift drum

14.Kick starter spindle

15.Carburetor

16.Motor Starter

Kelompok Rangka

1 .Headlight

2 .Meter

3 .Handle lever / Switch / Cable

4 .Front brake master cylinder

5 .Handle Pipe / Top bridge

6 .Steering stem

7 .Front fender

8 .Front fork

9 .Front brake caliper

10.Front wheel

11.Rear brake panel

12.Rear wheel

13.Fuel tank

14.Seat / Rear cowl

15.Side cover

16.Air cleaner

17.Exhaust muffler

18.Pedal

19.Step

20.Stand

21.Swing arm / Chain case

22.Rear Cushion

23.Rear fender

24.Winker

25.Tail light

26.Battery

27.Wire harness / Ignition coil

28.Frame body

29.Tool

30.Caution label

31.Mark