Kamis, 26 November 2009

Spul RX KING

RX KING merupakan motor legendaris dari YAMAHA yang banyak disukai orang dari berbagai kalangan. Banyak cara yang ditempuh guna meningkatkan performa RX KING. Diantaranya dengan meningkatkan kemampuan pengapian standar dengan cara menggulung ulang spul CDI atau disebut juga spul pengapianya.

Berikut ini langkah dan caranya:


1. Karen spul standar RX KING yang hanya 4 lapisan diganti dengan karen spul 6 lapis. Karen 6 lapis ini didapat dengan cara membeli spul aftermarket merk CREVON. Atau bisa juga dengan cara menambah 2 lapis pada karen spul standarnya.

2. Siapkan Kawat Email diameter 0.15 mm dengan panjang 119 meter.

3. Lilitkan kawat email pada karen spul dan jangan lupa buatkan terminal (-) groundnya. Untuk lapisan lilitan yang pertama buatlah sehalus dan serata mungkin. Jangan terjadi tumpang tindih pada lapisan pertama.

4. Untuk lapisan berikutnya lilitkan kawat email sampai habis. Kemudian beri serlak lalu bungkus dengan pita kemudian beri serlak lagi. Jangan lupa buatkan terminal (+) positif nya yang nantinya akan dihubungkan dengan CDI (kabel dengan kode warna HITAM strip MERAH)

5. Ukur tahanan spul dengan menggunakan AVO meter Digital. Hambatannya harus menunjukan pada angka +/- 139 ohm.

NB: Hambatan spul standart RX KING orisinal adalah 204 ohm.
Tapi uraian diatas sudah saya praktekan dan hasilnya memuaskan untuk mendongkrak tenaga standart RX KING.

SELAMAT MENCOBA

14 komentar:

Unknown mengatakan...

Nunpang tanya, klo dipakai di motor 4t,bisanggak

G-Lopi mengatakan...

Info : ulasan diatas hanya dipakai untuk RX king dgn kabel pulser putih/hijau dan tidak berlaku untuk RX king dengan kabel putih/merah karena jenis ini mempunyai hambatan 390-410 ohm.

Buat mesin 4 tak dengan tip spol seperti astrea prima, grand/supra cukup pakai kabel email 0.15 mm. saat starter awal lebih mudah hidup dan tenaga rpm bawah terasa meningkat.

Unknown mengatakan...

Sy punya rx king,spul apinya digulung ulang. Setelah selesai trus dipasang di motor, dites api nya kok nggak ada api. Apanya yg salah ya?!...

Emprit mengatakan...

Tanya bos, efek spul pengapian terlalu besar, saya pakai kawat 0,12 keren standar 4 lapis, hambatan menjadi -+ 700 ohm, efeknya apa bos

Unknown mengatakan...

Klw CDI nya pake ori bukan klw lempengan kern nya di tambah dan pake kawat email 0,15 ?

Unknown mengatakan...

Arah gulung nya kmna ya bos

Anonim mengatakan...

Berapa ukuran kawat spul lampu Rx king

Anonim mengatakan...

berapa ukuran dedukan spul rx king

Anonim mengatakan...

berapa ukururan dudukan spul rx king

Anonim mengatakan...

Gulungan awal Dari kiri Kenan, lebihkan kawat untuk ground, selanjutnya Dari kanan ke kiri

Anonim mengatakan...

Klo spul pengapian 360 ohm apa itu normal gak om??

Anonim mengatakan...

Memperkecil hambatan gulungan spull charge cdi rx king dari standarnya 207 sd 210 ohm menjadi 139 ohm apakah sdh di tes dengan timing derajat pengapiannya berangkat pengapian mulai dari langsam 2000 rpm sd top putaran mesin 12000 rpm, apakah tidk terjadi over limit, pengapian yg bagus dari bawah 5 sd 10 derajat, tengah 20 sd 25 - 28, atas makin kecil 5 sd 7 derajat dgn CDI std, kalau derajat pengapian gak turun diputaran atas dipastikan jebol mesin atau CDI koit duluan, asumsi saya dgn 139 ohm pasti titik api diputaran atas masih tinggi dan rawan ngejim kalau kita gaspooll jarak jauh...

Anonim mengatakan...

Kebanyakan kawan2 menggunakan spull charge cdi rx king menggunakan spull yamaha alfa original yg memiliki tahanan spull sd 310 ohm untuk mendongkrak putaran atas bawah, tengah dan atas sebab derajat pengapiannya lebih besar dari spull rx king std dan derajat pengapian di top speed sangat bagus di angka 7 derajat, kalau tahanan spull diperkecil apa gak keliru mas untuk rxking yg notabene putaran atas ganas, bisa2 di 12000 rpm derjatnya msh di 10 sd 15 jebooll mesin, perubahan spull api harus diperhitungkan dan diukur brp timing apinya dari awal sd to speed agar gampang dalam penyettingan...

Anonim mengatakan...

Kawat email 119 meter itu berapa ons om,,,,?