Spul CDI/spul pengapian mempunyai pengaruh yang besar terhadap kecepatan. Ketika komponen ini bermasalah motor akan mbrebet/berkurang kecepatannya bahkan bisa mati pula. Untuk mengganti spare part ini dengan menggunakan Spul original Kawasaki NINJA R150 harganya cukup mahal. Harga spul assy Ninja R150 berkisar Rp 800.000. Jika kita mau menggulung/melilit sendiri Spul CDI Kawasaki NINJA R150 ini, maka biaya yang diperlukan tidak sampe Rp 50.000.
Berikut ini Tips cara menyepul Spul CDI/spol pengapian Kawak NINJA 150.
Bahan dan alat:
1.Solder dan tenol/timah.
2.Kawat Email diameter 0.18 mm
3.Serlak dan plakban kertas/pita.
Sebelumnya saya uraikan sedikit tentang spesifikasi spul NINJA R 150. Hambatan spul orisinal NINJA yang pernah saya ukur adalah 93 ohm, dengan panjang kawat email 103,62 meter.
Langkah:
1. Lepas semua kawat email lama. Hati-hati ketikai mengurai kawat email dan ketika menyimpan karen spulnya karena imitasinya tidak ada yang menjual.
2. Solder ujung kawat emailnya dengan grund/massa spul, dan mulailah membuat lilitan satu lapisan dengan rata dan rapat. Untuk lapisan lilitan pertama tidak boleh tumpang tindih. Karena ini akan mempengaruhi umur spul yang akan kita lilit.
3. Untuk selanjutnya lilitkan semua kawat email sepanjang 103,62 meter tadi sampai habis. Kemudian ukur hambatan spulnya. Hasilnya kurang lebih sekitar 79-80 ohm.
Yang pernah saya praktekan yaitu saya menggunakan Kawat email 0.18 dengan panjang 106 meter dan hasil hambatan spulnya 79 ohm. Saat ini baru dites untuk jalan SOLO-MADURA PP.
Tips mudah menentukan panjang kawat email. KLIK DISINI!
Tunggu kabar berita selanjutnya.... NIH HASIL TEST SOLO MADURA PP.
Bagus dan Ga' ada Masalah...
44 komentar:
Serlak dan plakban kertas/pita gimana bentuknya? Dan dmana nyarinya? Penting bro... Aq yoga
gan, spull motor ninja R punya ane + magnetnya udah pada karatan, dulu kerendem air...
kira2 bisa dibetulin gk yua!!!
klau bisa berapa biayanya??
@yoga> Plakban bentuknya seperti pita warna putih,serlak beli eceran 1 botol kecil 10rb.
mtor ninja saya pengapian nya AC, kira-kira spul nya berapa ohm ya??..
Untuk spul yg pengapian AC bkn DC kira-kira ukurannya berapa ohm ya?.. sya Doni.
udah tak coba ,,,,,,,,muaaaantab gan,,,,,modal cman 20 rebu,,,ngacir lg drpd di ubah dc.....tengsuuuu gan :D
Mas ninja saya cdi nya mati2 trus . . Kata bengkel nya gulungan spul nya kebnyakan . . Gmana ya mas crax biar cdi nya gak mati2 lg . .
mas motor saya habis tk lilitkan jadi brebet kayak ada limiternya. kira kira apa spul.ny bermasalah
Dililit ulang seperti uraian diatas
Kalau ninja r thn 1997 memakai spul ninja r 2006 keatas bisa kga bang ya
Bisa tapi hrs satu set lengkap cdi dan coil.
Mas ada kontak yg bisa di hubungin kah saya mau baikin spul saya sama masnya.
Saya udah coba, tp kok kalau digas mentok malah kaya ilang listriknya apa ada kesalahan pada spulnya ya gan
Aaya sdh coba dan berhasil, tahanan yg terukur sekitar 100 ohm.. Saat tahanan diatas 100 ohm, ada kecenderungan brebet saat di betot gasnya, usahakan tahanan berkisar 80-100 ohm saja
Itu pakek skala afometer brp afo yg digital
Gan motor sya ninja 2005, tarikan ny brebet, sdh prnh di gnti spul pengapian ny,hasil ny bgus, tp stlh di pasang rangkain lampu ny, brebet ny kumat lg
Solusi ny gan?
motor ninja rr saya pas dihiuoin normal gas gede juga bisa pas dijalanin gk bisa gas gede klo gk gede mesin mati knapa ya mhon batu
Kalau ninja 2003 bisa pakai spul ninja thn 2010 biss
Kalau ninja thn 2003 dipakai spul ninja 2010 bisa boss???
Ninja 2007 AC/DC, bisa ga pake pengapian AC(ninja 2004)
Bos kok ninja r ane abis dipasangin lampu ngambil cuma lewat soul jadi 10 meter mati terus yaa motor kaya bensin abis
Lewat spul maksud nya
Mas spul ninja r saya abis di gulung ulang lari nya kok gak ngacir lagi
Motor saya ninja r mesin kiss klo di rpm tinggi aga nyendat2 baru ngacir,skrg malah mati susah nyala sekali nyala ga lama udah gt lama lg nyala nya,mohon jawabanya suhu
Ninja r 2014 sya seing mati mendadak kira2 apanya yah bos...? Tlong dibantu info nya yah bos...
Sesudah sepul digulung seperti itu susah hidup, memang pengapian dari sepul besar, tapi setelah hidup power atas mbelebet... seperti timing kurang pas
Cara menggulung kawat email ke keren spul jika terbalik mesin susah hidup meski api pengapian besar. Coba dicek lagi atau dibalik cara melilitnya.
Yg di ganti semua lilitannya ya... Ninja r 2010
Peratam coba cek pengapian busi, kalo normal, masalah berarti di karbu, siapa tau spuyer terlalu gede, pas susah nyala cek busi, apakah basah atau tidak, kalo basah, apakah bensin atau oli samping, kalo bensin bisa di pasti kan spuyer kegedean,kalo Olsam settingan Olsam kegedean.
Coba ukur tahan an spul nya, jangan sampe melebihi 100 ohm
Punya saya sepul nya lilitan nya baru ganti tp ko gas belum mentok brebet itu gimana y biar gx brebet
punya saya ke 168 OHM baru enak.. kalo.. kenapa ya.. 93-95 di test gak mau hidup bro
kawat email pakai ukuran brp? apa sdh pakai kawat email 0.18?
Mantap ngasih solusinya om
Mantap ngasih solusinya om
kalok pakek 0,20 gimana gan
Ninja 2005 cdi rc biar tarikan bawah bertenaga di apain loor..mohon bagi ilmu🙏🙏🙏
Beli baru
Mantap solusinya
Jelas padat berisi
Mas mau tanya saya pakai cdi ninja tahun pertama yg msh jadi satu qoil dan cdinya saya pakai untuk di vespa kira2 brp hrs brp ohm/volt untuk penganpian dc
Jangan. Tdk mungkin bisa
Sama saja. Atur sja posisi spi magnidnya
om jumlah lilitan nyaninja 250 karbu berapa x lilitan om ya
Posting Komentar